Open top menu

Upacara Peringatan Hari RA.Kartini
Raden Adjeng Kartini atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini, (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – wafat di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun). Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Sosroningrat, bupati Jepara. Beliau putri R.M. Sosroningrat dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Kala itu poligami adalah suatu hal yang biasa.

Kartini lahir dari keluarga ningrat Jawa. Ayahnya, R.M.A.A Sosroningrat, pada mulanya adalah seorang wedana di Mayong. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Peraturan Kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Ajeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo.
Sebagai bangsa yang besar kita senantiasa tak lupa akan jasa-jasa pahlawan, khususnya pada bulan ini april 2011. Semua kaum wanita dari kecil hingga yang tua-tua, mengingat akan jasa-jasa RA. Kartini yang telah memperjuangkan hak-hak kaum wanita terutama persamaan kedudukan dengan kaum laki-laki atau yang dikenal emansipasi. Kini telah terwujud emansipasi wanita dalam segala bidang yaitu pendidikan, pekerjaan, usaha dan lain-lain. Hampir semua bidang kehidupan kaum wanita berperan aktif setara dengan kamum laki-laki.
Warga besar SMP 4 Bae Kudus, sebagai bagian elemen bangsa turut serta memperingati hari kelahiran RA. Kartini dengan penuh khidmad dan meriah. Tampak semangat dan kecerahan diwajah wanita-wanita, walaupun dalam persiapan mereka ada yang harus berias dengan kain dan kebaya mulai jam 1 dini hari. Mereka tetap merasa bahagia dan semangat dalam memeriahkan peringatan RA. Kartini.
Di SMP 4 Bae Kudus peringatan hari lahir RA. Kartini, di adakan kegiatan lomba antar individu dan antar kelas. Even lomba meliputi pemilihan Kartini terbaik, pemilihan pasangan abang dan none, dan lomba merangkai buah dan bunga.





 
















 








 
Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 Silakan beri komentar di sini